PEMPROV JABAR KUCURKAN DANA RP 5 MILIAR BANTU KORBAN BENCANA DI BOGOR

BOGOR – Guna memulihkan dampak bencana angin puting beliung, Pemprov Jawa Barat mengucurkan anggaran Rp5 miliar. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posko bencana alam angin puting beliung, Kelurahan Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Hari ini saya sengaja datang untuk menyerahkan bantuan Rp5 miliar untuk Kota Bogor,” jelas Ridwan Kamil di posko bencana alam angin puting beliung, Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor, (16/12/2018).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga menyampaikan rasa prihatin kepada para korban dan berharap agar bencana alam tidak kembali melanda wilayah Jawa Barat.

“Intinya kita berharap dan semua mendoakan agar tak ada lagi bencana alam yang nantinya dapat mengganggu kenyamanan dan kehidupan warga Jawa Barat khususnya warga Bogor ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, dana bantuan dari Pemprov Jabar ini akan langsung digunakan untuk pemulihan sebanyak 1.821 bangunan rusak yang terdampak angin puting beliung.

“Dana itu untuk pemulihan fisik, rumah-rumah warga, asbes dan lain-lain. Jadi kami fokus kan betul memperbaiki rumah terdampak bencana,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor meminta bantuan sebesar Rp15 miliar kepada Pemprov Jawa Barat untuk perbaikan sebanyak 1.821 unit bangunan yang terdampak bencana angin puting beliung di sejumah titik di wilayah Kota Bogor.

Meski demikian, Pemkot belum lama ini, telah menerima bantuan sebesar Rp228 juta dari Kementerian Sosial. Bahkan, Presiden Joko Widodo juga secara pribadi memberi bantuan sebesar Rp30 juta. “Sedangkan Pemkot sendiri telah mengeluarkan Rp1,5 miliar pada tahap pertama dari dana Belanja Tidak Terduga,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Posko Bencana Terpadu Kota Bogor M Hanafi mengaku pihaknya sudah menyalurkan bantuan sebanyak 3000 asbes dan 1000 terpal untuk ribuan rumah yang terdampak bencana puting beliung di dua kecamatan (Bogor Selatan dan Bogor Timur). “Selain bantuan tersebut, pemkot juga telah mengucurkan bantuan pangan,” tandasnya.(*/P Alam)

Recent Posts

BAPOPSI KABUPATEN BOGOR FOKUS GALI TALENTA ATLET PELAJAR

CIBINONG - Ketua Umum Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kabupaten Bogor bertekad terus…

1 hari ago

PRIA YANG BAWA GOLOK KE PUSKESMAS LEUWISADENG SAMBIL MARAH-MARAH DITANGKAP

CIBINONG - Pria berinsial HR yang marah-marah membawa golok ke Puskesmas Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten…

1 hari ago

PDIP TUNTUT SUARA PSI DAN DEMOKRAT DI PAPUA TENGAH DINIHILKAN, ALASANNYA INI

JAKARTA - Kuasa hukum PDI Perjuangan Wiradarma Harefa meminta Mahkamah Konstitusi untuk mengubah suara Partai…

1 hari ago

TERSANGKA KORUPSI TIMAH HENDRY LIE TAK DITAHAN? INI PENJELASAN KEJAGUNG

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) belum juga melakukan penahanan terhadap tersangka korupsi timah Hendry Lie…

1 hari ago

SHIN TAE-YONG WASPADAI KECEPATAN UZBEKISTAN U-23

DOHA - Tim nasional Uzbekistan U-23 yang menjadi lawan Indonesia U-23 pada semifinal Piala Asia…

1 hari ago

PEMKAB GARUT TETAPKAN STATUS TANGGGAP DARURAT BENCANA 14 HARI KE DEPAN

GARUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan perkembangan sementara jumlah…

1 hari ago