BANDARA KERTAJATI AKAN BERANGKATKAN SEMUA JEMAAH HAJI TAHUN DEPAN

BANDUNG – Semua jemaah calon haji Jawa Barat akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, pada musim haji 1441 H/2020 ini. Saat ini Kemenag kabupaten/kota sedang memfasilitasi jemaah membuat paspor di kantor Imigrasi dengan biaya Rp 355.000/orang.

“Jemaah masih akan memakai fasilitas asrama Haji Bekasi sambil menunggu pembangunan Asrama Haji Indramayu yang kemungkinan besar baru selesai tahun depan. Sudah diputuskan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Jawa Barat dipusatkan di Bandara Kertajati,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bandung, Ishak Nawawi, Sabtu (4/1/2020).

Diberitakan sebelumnya, Kemenag pusat dan Kemenag Jawa Barat menggulirkan inovasi pelayanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/ 2020 yang salah satunya pemakaian Bandara Kertajati untuk bandara haji. Nantinya asrama haji masih tetap memakai Asrama Haji Bekasi karena asrama haji di Indramayu baru selesai tahun 2021.

Lebih jauh Ishak mengatakan, sebelumnya muncul wacana kalau Bandara Kertajati hanya akan dipakai oleh jemaah calon haji sekitar wilayah timur Jawa Barat seperti Majalengka, Kuningan, Cirebon, Ciamis, Banjar, dan Tasikmalaya.

“Namun tahun depan semua jemaah Jawa Barat memakai Bandara Kertajati dari sebelumnya di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang,” ujarnya.

Rencana pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat yang harus melalui Asrama Haji Bekasi kemudian baru ke Bandara Kertajati, Ishak mengatakan, serupa kondisinya dengan jemaah calon haji asal Banten.

“Walaupun Bandara Soekarno Hatta ada di wilayah Tangerang, Banten, tetapi tetap saja jemaah hajinya harus melalui Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta. Jadi tak masalah bila jemaah haji Jawa Barat ditarik dulu ke Asrama Haji Bekasi lalu berangkat ke Majalengka. Toh ada tol ke bandara,” ucapnya.Mengenai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, Ishak mengatakan, saat ini ada sedang disibukkan dengan pembuatan paspor.

“Bagi jemaah calon haji yang belum memiliki paspor, maka kami fasilitasi dengan mengadakan pembuatan paapor bersama-sama,” katanya.

Kemenag akan mengumpulkan dokumen persyaratan pembuatan paspor lalu diserahkan ke Kantor Inigrasi Bandung.

“Jemaah Kabupaten Bandung sebanyak 250 orang sudah selesai urusan pembuatan paspor, lalu dilanjutkan gelombang kedua pada 7 Januari ini,” ujarnya yang menambahkan biaya pembuatan paapor Rp 355.000 ditanggung masing-masing calon haji.

Mengenai calon haji yang sudah memiliki paspor, Ishak mengatakan, ada perubahan aturan yakni masa berlaku paspor minimal setahun saat pemberangkatan haji.

“Jadi misalnya musim haji mulai Juni 2020, maka masa berlaku paspor yang bisa dipakai ibadah haji minimal setahun atau Juni 2021. Sebelumnya masa habis berlaku paspor enam bulan dari keberangkatan haji,” ujarnya.

“Bandara Kertajati ini sudah dua tahun diupayakan sebablgai bandara haji, namun tahun depan baru ada kepastian,” kata Nizar.

Dia mengakui selama dalam perjalanan mengupayakan Bandara Kertajati untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji selalu menemukan beberapa kendala.

“Dari dari faktor asrama haji yang belum ada sampai pada kesiapan bandaranya itu sendiri yang harus sesuai dengan standar Internasional,” ujarnya.Mengenai rencana pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat yang harus melalui Asrama Haji Bekasi kemudian baru ke Bandara Kertajati, Nizar mengatakan, serupa kondisinya dengan Provinsi Banten.

“Walaupun Bandara Soekarno Hatta ada di wilayah Tangerang, tetapi tetap saja jemaah hajinya harus melalui Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta. Jadi tak masalah bila jemaah haji Jawa Barat ditarik dulu ke Bekasi lalu berangkat ke Majalengka,” ucapnya.

Ia menilai situasi seperti ini sudah menjadi bagian risiko dari suatu kebijakan, tetapi tentu saja ini untuk kebaikan bersama.

“Risiko lainnya kemungkinan pemberangkatan dari Bandara Kertajati belum bisa menggunakan fasilitas fast track,” ucapnya.

Fasilitas ini memungkinkan jemaah haji yang turun di bandara Arab Saudi akan langsung menuju ke bus karena tak perlu adanya pemeriksaan Imigrasi setempat.

“Mudah-mudahan tahun depan pembangunan Asrama Haji di Indramayu sudah mulai terlaksana,” tandasnya.(*/AsP)

Recent Posts

SEMERU KEMBALI ERUPSI DISERTAI LETUSAN ABU VULKANIS

LUMAJANG - Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) di…

50 menit ago

MENYUSUL LIBUR PANJANG, POLISI BERLAKUKAN GANJIL -GENAP MENUJU PUNCAK

CIBINONG - Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor…

54 menit ago

KADISPORA ASNAN AP PEMBENTUKAN SOINA KABUPATEN BOGOR

CIBINONG – Keberadaan Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Bogor yang diketuai Ahmad Azwari sebagai mantan…

1 jam ago

PSSI MINTA PUBLIK TAK MEMBULLY PEMAIN TIMNAS U-23 INDONESIA

JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga meminta publik agar tidak membully pemain…

2 hari ago

RIA RICIS DILARANG MEMPERSULIT TEUKU RYAN BERTEMU ANAK

JAKARTA - Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan memutus cerai pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan…

2 hari ago

DINIKMATI WISATAWAN, WARGA BANDUNG SENANG JALAN BRAGA BEBAS KENDARAAN

BANDUNG - Penerapan Braga Free Vehicle atau Braga Bebas Kendaraan yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot)…

2 hari ago