PILKADA 2015 PAN TARGETKAN MENANG 40 PERSEN

JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 serentak pada Desember mendatang akan digelar di 269 daerah di seluruh Indonesia. Partai Amanat Nasional (PAN) menargetkan untuk memenangkan 40 persen Pilkada 2015.

Untuk merealisasikan target tersebut, DPP PAN mulai berkoordinasi dengan pengurus daerah untuk persiapan Pilkada. DPP PAN mulai memanggil pengurus di daerah untuk meminta pemetaan di tiap daerah.

Ketua DPP PAN bidang Keorganisasian Yandri Susanto mengatakan, dari koordinasi dengan pengurus DPD di seluruh Indonesia, PAN akan memetakan kantong suara di daerah mana yang jadi perioritas. Dari hasil pemetaan lewat hasil survei DPP, sudah ada kisaran target pilkada serentak nanti.

“Target diatas 40 persen, baik dari kader internal maupun koalisi antar partai politik,” kata Yandri di Jakarta, kemarin.

Yandri juga mengatakan DPP PAN membebaskan pengurus daerah untuk menjalin koalisi dengan partai manapun untuk pemenangan pilkada. Di dalam kesepakatan Koalisi Merah Putih (KMP) Yandri menjelaskan, tidak memaksakan harus selalu bersama dalam mengusung kepala daerah.

Menurutnya, tiap daerah memiliki kondisi yang berbeda. Pengurus di daerah dinilai paling mengerti dengan kondisi di masing-masing daerah dengan strategi kemenangannya.

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan, DPP memang sudah melakukan survei terhadap bakal calon kepala daerah yang akan diusung partai berlambang matahari terbit ini. Dalam survei yang dilakukan PAN bersama lembaga riset, beberapa kader internal memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tinggi. Misalnya di Jambi, yaitu Zumi Zola; Sukabumi Desi Ratnasari; dan di Palu yakni Sigit Purnomo (Pasha Ungu).

“Kalau kader punya tingkat elektabilitas tinggi seperti ini tinggal mencari wakilnya sehingga jelas komitmennya,” kata Yandri.

Menurut Yandri, untuk incumbent belum dihitung. Yang pasti, untuk dapat mengajukan calon kepala daerah, dibutuhkan 25 persen suara dari DPRD. Sementara ini, wilayah yang dibidik oleh PAN hampir menyeluruh di Indonesia, mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. (*Fad)

Recent Posts

PSSI MINTA PUBLIK TAK MEMBULLY PEMAIN TIMNAS U-23 INDONESIA

JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga meminta publik agar tidak membully pemain…

1 hari ago

RIA RICIS DILARANG MEMPERSULIT TEUKU RYAN BERTEMU ANAK

JAKARTA - Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan memutus cerai pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan…

1 hari ago

DINIKMATI WISATAWAN, WARGA BANDUNG SENANG JALAN BRAGA BEBAS KENDARAAN

BANDUNG - Penerapan Braga Free Vehicle atau Braga Bebas Kendaraan yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot)…

1 hari ago

KETUA DPRD RUDY SUSMANTO HARAPKAN AKSES PENDIDIKAN BISA DIRASAKAN HINGGA PELOSOSK

CIBINONG - Pendidikan begitu penting untuk meningkatka SDM dan mencerdaskan anak bangsa namun tidak sedikit…

1 hari ago

PEMKOT BOGOR DAN BPTJ BAHAS KELANJUTAN BISKITA TRANSPAKUAN KE DEPAN

BOGOR - Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Hery Antasari pada awal pekan ini…

1 hari ago

KETUA DPRD RUDY SUSMANTO NILAI BURHANUDIN SOSOK INSPIRATIF DAN JADI PANUTAN

CIBINONG - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menilai Burhanudin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor,…

1 hari ago