MOBIL PRIBADI POLISI JADI PERPUSTAKAAN

SUKABUMI – Terobosan brilian muncul dari anggota Polres Sukabumi, Jawa Barat, Brigadir Sandi Praja, untuk mewujudkan semboyan Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter). Kini, dia menyulap mobil pribadinya menjadi perpustakaan keliling (pusling).

Personil Polsek Cibadak yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Karangtengah ini membawa mobilnya berisi seribuan beragam buku bacaan sambil melakukan sambang sekolah dan berpatroli.

Seperti yang dilakukannya di Kampung Kaum Kaler RT 02/07, Desa Karangtengah, Cibadak, Senin (2/9/2017). Dengan sedikit memodifikasi bagasi mobil Nissan X-Trail dengan menambah beberapa rak untuk membawa buku dia menghampiri warganya.

“Tugas Bhabinkamtibmas bukan hanya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat dan penegak hukum, tetapi juga dituntut untuk turut serta dalam meningkatkan kecerdasan warga binaannya. Nah, saya kebetulan ingin meningkatkan minat baca dengan menyulap mobil menjadi pusling, Ini semua atas bimbingan atasan saya juga,” ungkapnya, Senin (2/9/2017).

Sandi berharap gebrakannya itu bermanfaat bagi warganya, terutama kalangan pelajar. Sebab tujuannya adalah untuk meningkatkan minat membaca sejak dini, Terlebih, sekarang ini minat membaca buku sudah menurun drastis akibat gempuran gadget.

“Pusling ini baru dimulai Mei, tepatnya tanggal 22. Digagas bersama sejumlah mahasiswa dan sebagian siswa SMA di Desa Karangtengah. Awalnya buku saya beli sendiri dan seriring berjalan Alhamdulillah banyak dermawan yang mewakafkan bukunya. Sampai sekarang mencapai seribuan buku, jenisnya macam-macam,” terangnya.

Sandi bersyukur antusias warga terhadap pusling cukup tinggi. Maka itu dijadikannya agenda rutin, tiap Sabtu puslingnya “diparkir” di Taman Kota Karangtengah. “Ke depan, sambil berpatroli akan menyambangi sekolah-sekolah. Mudah-mudahan minat baca terutama anak-anak meningkat,” harapnya.

Ketua RW 02 Kampung Kaum Kaler, Sutiya mendukung terobosan pusling tersebut. Menurut Sutiya, warganya selalu berkerumun ketika kedatangan pusling Brigadir Sandi Praja. “Ini bagus buat warga, terutama pelajar. Mereka kini banyak meminjam buku dan dekat dengan Pak Sandi juga,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Babinsa Karangtengah ini. (*Yan)

Recent Posts

LAURA THEUX SEBUT EPILEPSI SEJAK USIA 18 TAHUN JADI TAK BIASA MELAHIRKAN NORMAL

JAKARTA - Laura Theux baru saja melahirkan buah cintanya dari Indra Brotolaras. Saat ini, pasangan…

19 jam ago

HALAL BIHALAL SEKALIGUS RAPAT KERJA PENETAPAN PENGURUS JJB, INI KATA EFFENDI TOBING KETUA TERPILIH

CIBINONG - Jaringan Jurnalis Bogor mengadakan Halal Bihalal sekaligus rapat kerja penyusunan tata tertib (Tatib)…

19 jam ago

KORBAN BENCANA BANJIR MINTA PERHATIAN PEMERINTAH

TANGERANG - Warga Perumahan Binong Permai, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, yang menjadi korban bencana…

19 jam ago

TAGANA PANGANDARAN: GEMPA GARUT TAK ADA KORBAN JIWA AKIBATKAN KERUSAKAN RUMAH WARGA

GARUT - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran menyebutkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.5 di…

19 jam ago

PRESIDEN JOKOWI TEKEEN UU DKJ, JAKARTA BUKAN LAGI IBU KOTA NEGARA

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi…

2 hari ago

VIRAL PEMBATASAN JAM OPERASIONAL WARUNG MADURA, INI KATA PJ GUBERNUR JATIM

SURABAYA - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menanggapi ramainya pemberitaan di tengah masyarakat…

2 hari ago